Yoga Bisa Membuat Sehat Fisik dan Mental

Yoga-Studio-Guelph-2.jpg

Padatnya aktivitas serta deadline pekerjaan yang terus menghantui pikiran kadang memaksa tubuh Anda bekerja lebih keras untuk segera menyelesaikan semuanya. Kondisi tersebut tak jarang membuat Anda mengalami beberapa permasalahan fisik dan psikis, seperti masalah tulang, gangguan pikiran, sampai masalah ketenangan jiwa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, yoga adalah solusinya.

Memperbaiki struktur tulang

Menghabiskan sebagian besar waktu bekerja untuk duduk bisa membuat struktur tulang punggung Anda melengkung sesuai postur tubuh saat duduk. Latihan-latihan seperti back bend, forward bend, dan twist pada yoga akan membuat ruas-ruas tulang belakang Anda menjadi lebih lentur, tidak kaku, sehingga struktur tulang belakang Anda akan kembali seperti sediakala. Kalau tulang sehat, Anda bisa lebih nikmat beraktifitas.

Peredaran darah jadi lancar

Tentunya Anda tahu bahwa peredaran darah yang tak lancar merupakan salah satu penyebab penyakit yang berisiko kematian? Latihan pernapasan pada yoga, selain membuat Anda rileks, juga memungkinkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam paru-paru menjadi lebih banyak. Dengan demikian, jantung yang membawa oksigen dari paru-paru akan memompa darah bersih lebih banyak ke seluruh tubuh sehingga sistem kerja seluruh organ tubuh menjadi maksimal.

Menurunkan berat badan

Gerakan-gerakan yoga berpusat pada tubuh Anda sendiri. Menahan beban tubuh, seperti berdiri dengan satu kaki atau gerakan mencium lutut, memang memerlukan energi yang besar. Meski hanya dilakukan dalam waktu 30 menit sampai 1,5 jam, latihan ini bisa membuat siapa saja mengucurkan banyak keringat. Dan Lemak-lemak di perut perlahan-lahan dapat terkikis dengan sendirinya.

Konsentrasi meningkat

Bagi Anda yang kesulitan berkonsentrasi di tempat kerja, yoga adalah pilihan tepat. Yoga memang selalu identik dengan kegiatan meditasi. Setiap gerakan dalam yoga dilakukan dalam ketenangan hanya berfokus pada diri sendiri dan saat ini. Di dalam aktivitas tersebut, Anda akan berlatih menyelaraskan embusan napas, pikiran, dan tubuh. Proses relaksasi akan meningkatkan kesadaran diri untuk lebih fokus pada hal-hal yang sedang Anda hadapi saat ini tanpa gangguan yang dapat memecah konsentrasi.

Mengusir stres

Stres biasanya diawali dengan kecemasan akibat permasalahan yang belum terselesaikan. Kecemasan yang berlanjut lebih lama akan berujung pada depresi. Untuk mengusir itu semua, Anda dapat melakukan relaksasi melalui yoga. Ketenangan pikiran yang diperoleh dari hasil relaksasi akan membuat Anda mampu berpikir lebih jernih untuk menyelesaikan permasalahan satu persatu.

Pola tidur dapat diperbaiki

Sebagian orang mengalami susah tidur di malam hari akibat tubuh yang kurang sehat serta banyaknya pikiran yang berkecamuk di dalam kepala. Dengan rutin mengikuti latihan yoga, pikiran Anda akan lebih tenang, dan tubuh Anda akan lebih bugar sehingga saat tidur, tidak akan ada pikiran lain yang mengganggu. Anda dapat tidur dengan nyenyak.

Melatih ketenangan jiwa

Apakah Anda termasuk orang yang mudah cemas, tak tenang, gelisah, atau suka khawatir berlebihan? Saat hal itu terjadi pada Anda, detak jantung akan berdenyut lebih kencang, pikiran Anda lalu akan pergi ke mana-mana. Di saat itulah, Anda perlu relaksasi pikiran melalui yoga. Dengan tubuh, pikiran, dan jiwa yang tenang, Anda akan lebih bisa mengontrol diri dalam berbagai situasi.

Baik untuk keseimbangan fisik dan mental

Metode relaksasi tubuh dari India ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai penyeimbang tubuh, pikiran, dan jiwa. Tak hanya keseimbangan fisik, metode ini juga melatih keseimbangan psikis Anda. Saat melakukan meditasi, semua yang ada pada diri Anda akan menyatu dengan alam.

Meningkatkan penghargaan terhadap diri

Proses meditasi adalah proses pemahaman terhadap diri sendiri. Di dalam proses tersebut, Anda menghubungkan tubuh, pikiran, dan jiwa, dalam sebuah kesadaran diri. Dengan demikian, penghargaan terhadap diri Anda adalah dengan tidak akan membiarkan diri dirusak oleh ego karena Anda mampu mengontrol diri Anda sebagai jiwa yang tenang.

Hidup lebih bahagia

Melalui meditasi dan proses relaksasi, yoga dilakukan untuk melatih pengendalian diri. Oleh sebab itu, dengan tubuh dan mental yang sehat, Anda dapat meningkatkan semangat dan kesadaran untuk hidup yang lebih baik.

Banyak yang sudah membuktikan bahwa yoga memang sangat baik untuk kesehatan fisik, maupun psikis. Semoga uraian tersebut dapat bermanfaat. Selamat memulai yoga!

 

Top