Trik Mempertahnkan Berat Badan Ideal

aywan.net-gayahidup.jpg

Akhirnya, setelah berbagai usaha Anda lakukan, Anda bisa meraih berat badan ideal yang membuat tubuh Anda lebih sehat, lebih energik, dan lebih nyaman.

Sekarang, Anda tinggal mempertahankannya, baik dengan tetap menjaga pola makan sehat maupun rajin berolahraga.

Apa pun diet yang Anda terapkan, 5 trik berikut bisa (banget!) membantu Anda mempertahankan berat badan ideal dalam jangka panjang. Siap mencoba?

1. Pilih sarapan yang kaya protein
Dengan memilih menu sarapan yang kaya protein, umumnya Anda akan menyantap makan siang lebih sedikit, bahkan bisa mengurangi hingga 97 kalori.

Telur adalah opsi paling mudah, namun sebenarnya Anda juga bisa menyantap puding chia. Masukkan dua sendok teh chia seed ke dalam semangkuk Greek yogurt atau yoghurt favorit Anda, biarkan ia terendam selama 10 menit, lalu tambahkan buah-buahan favorit Anda.

2. Awali makan utama dengan salad
Semangkuk kecil salad yang mengawali makan siang atau makan malam Anda akan membantu Anda makan sesuai porsi alias tidak kalap. Salad membuat Anda lebih kenyang, dan kaya serat, sehingga bagus untuk pencernaan.

Untuk menghemat waktu mempersiapkan salad, Anda bisa menyiapkan beberapa porsi salad, tutup dengan plastic wrap, simpan di dalam kulkas untuk 2-3 hari. Bisa Anda bawa juga sebagai bekal makan siang, kan?

3. Kurangi porsi karbohidrat
Tanpa sadar (atau sengaja?) kita selalu makan karbohidrat lebih besar dari porsi seharusnya. Meski kita perlu karbo untuk energi, kelebihan karbo adalah cara instan kembali ke berat badan yang jadi mimpi buruk Anda. Ups!

Karena itu, selalu masukkan karbo terakhir ke piring Anda, yang sudah lebih dulu dipenuhi sayuran dan protein.

4. Minum kopi sebelum makan
Alasannya, kopi yang mengandung kafein akan membuat Anda selalu terjaga untuk mempertahankan berat badan ideal.

Dengan minum kopi sebelum makan, tubuh Anda seperti diingatkan seberapa banyak porsi makanan Anda, sehingga Anda tidak ‘terlena’ dan makan berlebihan.

5. Minum air putih tiga gelas lebih banyak
Minum air putih lebih banyak akan menghindarkan Anda dari keinginan minum atau makan yang manis-manis lebih sering dari seharusnya. Selain itu, minum air putih ekstra membantu menekan rasa lapar Anda. Bonusnya, Anda bisa menghemat hingga 200 kalori!

Top