Tips Memotret Cahaya Alam

Dengan memanfaatkan efek kompresi perspektif lensa zoom super-telefoto sebanyak mungkin, dan mengontrol ukuran lingkaran bokeh, Anda juga bisa membidik gambar lampu hiasan nan membuai. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan sejumlah teknik yang digunakan oleh fotografer profesional untuk mengambil foto semacam itu.

Saran #1: Bidik di pagi hari atau larut senja, saat penampakan pelangi yang terbaik

Pelangi adalah suatu fenomena ilmiah yang terjadi apabila cahaya matahari menimpa tirai hujan. Dengan kata lain, jika kita memperhatikan posisi hujan dan sudut cahaya matahari, kita bisa memprediksi di mana pelangi akan muncul. Di pagi hari atau larut senja, apabila cahaya bersinar dari sudut kemiringan rendah, pelangi akan terbentuk nun tinggi di langit. Sementara itu, sinar cahaya pada tengah hari akan menciptakan pelangi yang dekat ke tanah.

Saran #2: Gunakan filter PL untuk menonjolkan warna-warni pelangi

Dengan mengontrol cahaya pantulan dengan filter polarisasi (PL), warna-warni pelangi yang terbentuk oleh efek prisma, bisa dihadirkan lebih mengesankan. Efek filter PL khususnya terlihat apabila Anda menangkap hanya satu ujung lengkungan pelangi. Perhatikan, filter PL harus dilepaskan kalau Anda ingin memotret seluruh lengkungan, karena hanya separuhnya yang ditangkap dalam gambar yang dihasilkan.

Top