Ada Beberapa Perbedaan Beras Hitam Dan Ketan Hitam

beras-merah-hitam1.jpg

Mungkin sekilas yang anda lihat beras hitam dan beras ketan hitam sama, namun apabila dicermati, ada hal – hal yang membedakan beras hitam dan beras ketan hitam. Berikut kami jelaskan sedikit apa itu beras hitam dan ketan hitam beserta perbedaan beras hitam dan beras ketan

  1. Beras Hitam

Beras hitam adalah sumber mineral yang baik, termasuk besi, serta serat dan memiliki profil nutrisi agak mirip dengan beras merah. Kehadiran antosianin memberikannya keunggulan gizi dibandingkan beras merah.

Beras hitam memiliki banyak manfaat adalah dapat menjaga kadar gula darah dan produksi insulin, sehingga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

Karbohidrat kompleks beras hitam membuat perut merasa kenyang lebih lama. ekstrak beras hitam dapat membantu mencegah aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah penyebab serangan jantung, beras hitam dikatakan bermanfaat mencegah karena dalam beras hitam memiliki kandungan antosianin yang tinggi.

Berdasarkan banyak riset, antosianin ini merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Sebagaimana diketahui secara luas, zat antioksidan berperan aktif untuk mencegah penyakit kanker.

Bisa juga obat anemia beras hitam memiliki kandungan zat besi beras hitam tinggi mencapai 15,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Karena itu makanan yang akan kaya zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.

Anti penuaan terkait dengan antioksidan dalam beras hitam. Antioksidan diketahui juga berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

  1. Ketan Hitam

Ketan hitam menandakan adanya kandungan antosianin yang melimpah. Antosianin sendiri dianggap sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Sehingga banyak yang percaya ketan hitam baik untuk menjaga kesehatan ginjal, lambung, dan hati. Selain mengandung antioksidan,ketan hitam juga kaya akan serat, vitamin E, dan zat besi.

Manfaat ketan hitam untuk penyakit jantung dan kanker yang memiliki kandungan antosianin yang memiliki peran melawan kanker dan penyakit jantung

Untuk menunjang imunitas kekebalan tubuh atau imunitas adalah hal penting di dalam tubuh yang bisa melawan bakteri,kuman, dan virus.untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan kandungan vitaminE yang terkandung di dalamnya juga mampu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dan dedak ketan hitam bisa menghasilkan aneka warna mulai merah muda sampai hitam dimana dedak tersebut bisa digunakan untuk pewarna makanan yang alami.

Perbedaan Beras Hitam dan Beras Ketan Hitam

Beras ketan hitam jika dipotong melintang akan terlihat warnanya putih susu pada potongan beras tersebut, dan jika di masak akan lengket seperti beras ketan. Sedangkan beras hitam jika dipotong melintang terlihat berasnya berwarna jernih (bening) dan jika dimasak akan sedikit pera jika dibanding beras biasa.

Secara warna, beras hitam lebih mempunyai warna beras yang hitam dan cerah dan apabila bulir beras dibelah jadi dua, warna dalamnya juga berwarna hitam, sedangkan untuk beras ketan hitam biasanya warnanya hitam pucat dengan warna dalamnya putih. Apabila ditanak, nasi ketan hitam mempunyai tekstur lengket, sedangkan beras hitam mempunyai tekstur pera dan pulen tergantung cara memasaknya. Rasa ketan hitam juga terasa lebih gurih dan manis dibandingkan beras hitam yang cenderung hambar.

Dari segi rasa, beras hitam sedikit pera tidak begitu “pulen” seperti beras putih. Untuk memasaknya, dibutuhkan lebih banyak air dan waktu lebih lama. Setelah matang, beras ini memiliki aroma kuat yang menguggah selera makan.

 

share

Top