Mitos Tentang Masalah Rambut

rambut.jpg

Banyak mitos yang beredar menjelaskan tentang rambut seperti mitos rambut ini pun banyak yang salah. apa yang harus dilakukan untuk memperoleh rambut yang indah dan sehat. Akan tetapi apakah benar tentang mitos yang beredar tentang rambut berikut penjelasannya:

  1. Sering potong rambut membuat rambut tumbuh lebih cepat
    Ini adalah mitos. Pertumbuhan rambut dimulai dari akar, bukan dari ujungnya berdasarkan faktra menurut pakarnya Anda tetap disarankan untuk menggunting ujung-ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali. Ujung-ujung rambut yang pecah-pecah membuat rambut terlihat tipis dan mengguntingnya membuat rambut terlihat lebih tebal.
  2. Mencabut uban membuat uban tumbuh lebih banyak
    Mungkin mitos ini muncul karena saat mencabut uban orang jadi lebih sadar ternyata ada beberapa uban lainnya di rambut. Yang jelas mitos ini salah, menurut dokter kulit dan spesialis kesehatan rambut dari Cleveland City. sebaiknya hindari mencabut uban karena membuat akar rambut di tempat yang dicabut makin lemah, dan akhirnya rambut pun berhenti tumbuh di tempat tersebut.
  3. Keramas membuat rambut rontok
    Keramas tidak akan membuat rambut rontok. hal ini timbul dipercaya karena saat keramas orang melihat rambutnya rontok beberapa helai, padahal tanpa keramas pun setiap hari rambut pasti akan tetap rontok. Jika Anda tak keramas berhari-hari minyak akan menimbun di kulit kepala dan hal ini akan memicu kerontokan
  4. Harus sering menyisir rambut agar rambut tetap sehat
    Anda tidak harus menyisir rambut seratus kali setiap hari. Sering menyikat rambut justru akan merusak kutikula rambut, yaitu lapisan paling luar yang berfungsi melindungi batang rambut.
  5. Mewarnai rambut akan merusak rambut
    Jika Anda mewarnai rambut jadi lebih terang, Anda perlu melunturkan warna rambut asli dengan menggunakan bleach inilah yang berpotensi merusak kesehatan rambut. Jika terlalu sering menggunakan bleach maka batang rambut akan menipis dan lambat laun bisa putus. jika Anda mewarnai rambut dengan warna gelap Anda tak perlu bleach dan ini jauh lebih aman, pada saat ini formula cat rambut sudah mengandung bahan pelembap dan pelindung rambut hingga kerusakan rambut bisa lebih diminimalisir.
  6. Mewarnai rambut saat hamil sangatlah berbahaya
    Bahayanya adalah pada amonia, dan bukan bahaya akibat pewarna rambut yang terserap kulit kepala, menurut dokter spesialis kandungan dari University of Minnesota. Level amonia di pewarna rambut rendah dan jika ingin mewarnai rambut, lakukanlah di tempat yang ventilasinya baik. Namun jika Anda ragu, pilih pewarna organik yang terbuat dari tumbuhan seperti henna.
  7. Ketombe terjadi karena kulit kepala kering
    Ketombe terjadi karena adanya jamur di kulit kepala, dan ini sering timbul jika kulit kepala berminyak. Sebab itu jangan malas keramas karena ketombe justru sering timbul saat kulit kepala berminyak.

share

Top