Merokok Dapat Membuat Tubuh Kita Menjadi Lelah

rokok.jpg

Setiap orang memiliki kebiasaan merokok bukan hanya akan menurunkan kemampuan fungsi organ di dalam tubuh tetapi banyak penyakit yang bermunculan. Rokok juga memengaruhi stamina penggunanya. Para pencandu rokok cenderung lebih gampang mengalami rasa lelah dibanding kebanyakan individu sehat yang tidak merokok.

Pemicunya adalah jumlah oksigen yang  masuk ke paru-paru kurang tidak maksimal dan kapasitas oksigen menurun. Hal ini memengaruhi turunnya kadar oksigen yang dibawa sel darah merah menuju ke seluruh tubuh. Setiap sel tubuh memerlukan asupan oksigen yang banyak. Jika kebutuhan oksigen tidak tercukupi, salah satu efeknya timbul rasa lelah.

Sebagian tubuh yang kekurangan oksigen akan menjadi tidak optimal kerjanya sehingga  Arteri, vena, dan kapiler ikut melemah. Perjalanan darah untuk berjalan ke seluruh tubuh menjadi ikut terganggu. Nutrisi yang diperlukan berbagai organ tubuh menjadi tidak tercukupi. Selain oksigen, darah ikut mengangkut nutrisi dari makanan yang dikonsumsi manusia. Oleh karena itu munculah rasa lelah dalam tubuh kita.

Untuk memperbaiki masalah ini, berhenti merokok dan menerapkan hidup sehat menjadi solusi. Dengan perlahan mengurangi asupan rokok dan akhirnya berhenti, akan membuat tubuh kembali mampu meremajakan sel tubuh dan kembali bekerja secara optimal. Tubuh secara otomatis melakukan perbaikan diri ketika zat-zat yang merusaknya hilang.

share

Top