Menjaga Penampilan

unnamed-file.jpg

Setiap manusia pasti menjaga dan memelihara penampilan diri sendiri, tetapi banyak orang yang kurang memerhatikan gaya penampilan khususnya cara berpenampilan pas lagi kerja, Beberapa orang berpendapat penampilan itu nomor kesekian bahkan merasa tidak penting-penting amat. ternyata cara berpenampilan itu sangat berpengaruh terhadap pekerjaan kita. Ada beberapa hal yang membuat “Menjaga Penampilan” itu sangat penting contohnya adalah:

  1. Menjaga Penampilan

Berpenampilan baik itu termasuk memberikan kesan yang baik kepada orang yg kita temui. misalnya kita lagi mau interview. Apapun posisi yang di lamar tetap saja kita harus menjaga penampilan. Ketika kita pake baju yang rapi, tidak berlebihan warna dan aksesorisnya, akan membuat image kita lebih profesional dan bermutu. Kalau kita menjaga penampilan, orang yang menginterview kita akan merasa dihargai dan kita juga memberikan kesan yg baik karena berpakaian rapi dan sopan.

  1. Menilai dari penampilan

setiap apa pun yang kita lakukan pasti dari tingkah laku maupun penampilan pasti di nilai oleh setiap orang. Tidak harus ketika interview kita menjaga penampilan kita sedang bekerja sehari-hari pun kita perlu menjaga panampilan. Mereka yang kita temui akan menilai kita dari penampilan, tidak hanya kualitas pekerjaan. Khususnya orang-orang yang baru pertama kali ketemu. ketika kita berpenampilan rapi dan sopan, orang lain akan memiliki persepsi yang positif ketika ketemu.

  1. Menunjukkan kita terawat dan punya persiapan

kesan pertama harus kita ciptakan ketika ketemu dengan orang lain yang berhubungan dengan pekerjaan, salah satunya melalui penampilan. dengan berpakaian rapi, wangi, rambut ditata rapi otomatis orang yang kita ketemui akan punya pikiran bahwa kita orangnya bersih,menjaga penampilan, rapi dan tentu saja akan terlihat kita sudah mempersiapkan diri untuk ketemu dengan yang lain.

Do & Don’ts untuk menjaga penampilan di dunia kerja

  1. Menjaga penampilan sesuai dengan type pekerjaan.
    Cara berpakaian agan harus menyesuaikan type pekerjaan yang agan jalanin. Misalnya kerja di agency, EO, advertising, dunia internet, atau dunia hiburan biasanya memang tidak terlalu rapi atau formal, lebih ke smart casual dan tentu saja sopan.
  2. Menjaga penampilan sesuai dengan posisi pekerjaan kita.
    Beberapa posisi pekerjaan terkadang mengharuskan kita buat selalu tampil rapi, posisi yang dimaksudkan biasanya posisi yang berhadapan atau ketemu langsung sama client/customer. Tampil rapi tuh nggak cuma dilihat dari pakaiannya aja kita juga dilihat dari segi rambut udah disisir rapi belum, sepatu udah di semir belum dan tentu saja pakaian yang agan pakai harus sudah licin disetlika.
  3. Hindari baju dengan warna dan aksesoris yang mencolok.
    Kalau emang agan seneng banget berpenampilan mix and match diusahakan tidak makai lebih dari 2-3 warna dan tentu aja hindarin aksesoris (jam, gelang, kalung) yang berlebihan dan mencolok mata.
  4. Warna yang digunakan senada antara pakaian, tas, sepatu.
    Kalau kita didunia kerja yang satu ini penting banget kalau bisa pilih warna yang senada dan tidak tabrakan. Maksudnya tidak tabrakan itu antara celana, baju, tas bahkan sepatu yang tidak senada
  5. Sepatu yg digunakan adalah warna netral untuk laki – laki seperti hitam atau coklat tua, untuk perempuan lebih variatif asalkan tidak berbentuk sandal dan warnanya masih senada dengan pakaian yang dipakai.
    Warna kaos kaki mengikuti warna celana.
  6. Busana harus pas tidak boleh kesempitan ataupun kebesaran.
    Sempit akan memberikan kesan ramping, namun juga menimbulkan kesan seronok, sementara kebesaran akan menimbulkan kesan besar, gemuk dan tidak rapi.
  7. Pada penggunaan busana kerja tidak dianjurkan menggunakan kalung bertumpuk, choker, bersusun-susun.
  8. Hindari baju yg terlalu santai : celana pendek, celana ngatung, kaos “you can see”, karena nanti kesannya kurang sopan.
  9. Setiap berangkat kerja di setrika terlebih dahulu, soalnya nanti kesannya nggak rapi.
  10. Jangan menggunakan baju yg sama dalam minggu yang sama.
    agar terhindar persepsi orang nanti dikira kita cuma punya bajunya itu doang dan makai baju kotor yang kemaren udah dipakai.
  11. Jangan lupa menjaga kerapian dan kebersihan dari sisi rambut, wajah, kuku.
    Menjaga penampilan bukan cuma dari segi pakaian dan aksesoris saja tapi juga kerapian rambut, kuku, dan wajah. Boleh menggunakan make up.
  12. Wangi
    tidak perlu berlebihan, bisa pakai cologne atau perfume secukupnya. Jangan sampai orang disekitar kita kebauan gara-gara kita karena akan bikin suasana kantor tidak nyaman dan orang pasti jadi gelisah.

share

Top