Melaksanakan Kebiasaan Positif Ini, dan Anda Akan Sukses di Hari Esok

bahagia.jpg

Bangun pagi dan melakukan berbagai aktivitas positif tentu dapat memberikan dampak bagus bagi fisik dan mental Anda sepanjang hari. Namun banyak dari kita yang tak memperhatikan aktivitas di malam hari karena sudah terlalu lelah beraktivitas rutin seperti ngampus atau ngantor pada siang hari.

Padahal, melakukan waktu penghujung hari dengan beberapa kegiatan di bawah ini akan memberikan Anda pasokan gizi mental yang sempurna, agar kemudian dapat sukses di hari esok.

Membaca, untuk perluas wawasan

Perkembangan tentunya membutuhkan pembelajaran. Semakin banyak topik yang kamu rasa menarik dan ingin pelajari, maka perkembanganmu akan semakin efektif.

Namun, banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dan padatnya jadwal di siang hari, membuat kita tak punya waktu memadai untuk beri asupan hal baru bagi otak.

Sambil beristirahat santai di malam hari, Anda bisa memulai kebiasaan membaca buku, yang nantinya akan memperluas jangka pikirmu dengan lebih relaks. Baca buku juga akan mengantarkan Anda pada tidur yang berkualitas, dibanding dengan sibuk berponsel ria jelang tidur.

Habiskan waktu dengan orang-orang tersayang

Salah satu hal terbaik untuk memelihara daya kembang diri sendiri adalah dengan menghabiskan waktu ditemani oleh orang-orang terkasih, dan mereka yang memiliki koneksi secara mendalam dengan Anda, seperti pasangan, keluarga, hingga sahabat.

Mereka adalah orang-orang yang mengeluarkan sisi terbaikmu, dan mendukung serta peduli tentang senang dan sulitnya hidupmu.

Meluangkan waktu bersama mereka untuk lakukan hal-hal yang seru seperti menonton film, makan malam, jalan-jalan, atau sekadar bercengkrama di kafe favorit akan buat hidup Anda berkualitas.

Luangkan waktu untuk tak melakukan apa pun

Sebagai orang yang memiliki ambisi membara untuk sukses, seringkali kita lupa waktu dan akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu setiap harinya di tengah kesibukan.

Sesekali Anda butuh detoks, dengan matikan semua alat elektronik termasuk ponselmu, jauhi internet sementara, cari satu tempat di mana Anda bisa duduk tenang, kemudian kosongkan pikiran.

Melakukan ritual sesuai agama atau meditasi adalah salah satu cara untuk menyegarkan kembali pikiran Anda. Plus, Anda jadi lebih positif di kemudian hari.

Kilas balik hari Anda

Malam hari adalah jembatan mengakhiri satu hari dan mengawali hari berikutnya. Maka menjadi waktu tepat untuk mengingat-ingat apa saja yang telah terjadi di hari tersebut.

Anda bisa mendokumentasikan ini dengan menuliskannya di blog. Tak perlu lebay dengan menceritakan semua hal seperti Anda dulu menulis di buku harian saat zaman sekolah, tapi ambil angle opini berdasar pada apa yang Anda temui/lakukan sebelumnya.

Dengan mencatat kejadian-kejadian penting, entah itu yang baik dan buruk, hingga perkembangan apa yang paling signifikan, Anda secara tak sadar justru merancang target pencapaian dan apa yang ingin Anda lakukan untuk meraihnya di esok hari.

Berolahragalah

Seharian duduk di kelas atau ruang kerja sudah terbukti tidak baik bagi tubuh. Untuk itu, dibutuhkan olahraga untuk dapat mengimbangi situasi tersebut.

Anda tak perlu melakukan olahraga berat yang melelahkan, tapi cukup jalankan kegiatan fisik secara teratur, seperti push up dan sit up selama belasan menit. Yang terpenting bukan kuantitas, melainkan kualitas olahraga yang bisa teratur.

Melakukan ‘reset’ tubuh dan pikiran

Setelah sehari penuh dengan deadline yang meninggalkan kelelahan dan penat, sebaiknya Anda melakukan sebuah ritual yang bisa membantu me-reset tubuh dan pikiran. Sehingga tiada lagi beban yang terbawa sampai esok hari, yang bisa menghambat kinerja.

Ini bisa dilakukan dengan meditasi seperti yang dijelaskan pada poin ketiga dan lima, atau buatlah kebiasaan tersendiri yang bisa memberi sinyal pada otakmu untuk me-reset ulang, seperti dengan mandi air panas atau menyuguhkan teh herbal yang menenangkan hati.

Persiapkan semua kelengkapan esok hari

Lakukan persiapan sebanyak mungkin untuk merapikan apa yang sekiranya Anda butuhkan di pagi esok hari.

Mulai dari menyiapkan pakaian ke kantor, menyeduh kopi untuk diminum sebelum berangkat, rapikan tas, dan periksa apa saja yang Anda perlukan untuk beraktivitas di esok hari.

Tidur Anda akan lebih nyenyak setelah mengetahui semua persiapan sudah dilakukan secara efektif untuk hari berikutnya. Ini juga bisa menghindari Anda dari telat akibat ketinggalan barang di rumah.

Selalu bersyukur

Biasanya kita tak akan merasa puas dan selalu menginginkan lebih. Ini hal yang sangat manusiawi. Namun, mengingatkan diri untuk bersyukur atas semua pencapaian yang kita raih, bisa membantu kita merasa lebih bahagia dan puas.

Anda bisa melakukannya dengan beribadah, atau hanya dengan kegiatan kecil seperti mencatat lima hal yang kamu syukuri di hari tersebut. Rasa berterimakasih akan membuat Anda bersikap dan berpikir lebih positif dan optimis.

Kebiasaan positif di malam hari berfokus pada menanggalkan beban pikiran dan tekanan dari kesibukkan setiap harinya, untuk menjaga keseimbangan diri kita.

 

Top