Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

temulawak.jpg

Temulawak sangan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Temulawak banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Selama ini memang telah dikenal sebagai obat herbal asli Indonesia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bagian yang banyak dimanfaatkan yaitu akar atau juga sering disebut rimpang. Akar inilah yang diolah menjadi obat herbal. Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman temulawak yang baik untuk kesehatan dan sangat penting untuk Anda ketahui:

  1. Menjaga kesehatan hati

Temulawak sangat baik untuk kesehatan hati, dimana fungsi hati dapat terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi temulawak. Temulawak mampu menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, karena temulawak mengandung katagoga. Katagoga inilah yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.

  1. Mengurangi radang sendi

Temulawak mengandung kurkumin yang baik untuk kesehatan, terutama untuk mengurangi radang sendi.

  1. Menurunkan lemak darah

Temulawak dapat menurunkan lemak darah. Temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan  fraksi kurkuminoid, yng bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

  1. Mengatasi penyakit maag

Untuk mengatasi penyakit maag, siapkan temulawak 1 rimpang. Cuci bersih dan buang kulitnya, iris menjadi tipis-tipis kemudian rebus menggunakan air sebanyak 5 gelas. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan setelah itu minum airnya secara rutin.

  1. Melancarkan pencernaan

Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti perut kembung atau masuk angin dapat Anda atasi dengan menggunakan temulawak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi temulawak setiap hari secara rutin.

  1. Menyehatkan jantung

Temulawak memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat temulawak memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

  1. Mengatasi kanker

Temulawak dipercaya dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan kanker prostat, dimana cara kerjanya yaitu dengan menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

  1. Mengatasi gangguan ginjal

Temualawak dapat mengatasi gangguan ginjal dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin maka gangguan ginjal yang terjadi dapat teratasi dengan baik. Caranya yaitu dengan menyiapkan temulawak sebanyak 2 rimpang, daun kumis kucing 1 genggam, 1 genggam daun meniran dan gula batu secukupnya.

Cuci bersih semua bahan kecuali gula batu, temulawak diiris tipis-tipis. Campur semua bahan kemudian rebus menggunakan air sekitar 1000ml. Setelah mendidih tunggu hingga air yang tertinggal hanya tinggal setengahnya, angkat dan saring airnya. Gunakan airnya untuk diminum secara rutin setiap harinya

share

Top