Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

tempe.jpg

Tempe merupakan makanan olahan hasil permentasi dari bahan baku kacang kedelai. Tempe adalah salah satu jenis makanan mudah sekali untuk di temukan dipelosok Indonesia. tempe tidak hanya populer di negeri kita sendiri, tapi tempe sudah mendunia di bebagai negara. Makanan yang satu ini memang dapat dioleh menjadi berbagai kuliner yang enak dan nikmat mulai dari tempe goreng, keripik tempe, orak-arik, bacem, brownies tempe dll.

Bahan dasar tempe adalah kacang kedelai yang memiliki kandungan kaya akan gizi, salah satunya merupakan sumber protein nabati . selain itu karena proses pengolahan tempe sendiri menggunakan fermentasi, maka dari itu tempe memiliki kandungan probiotik yang baik bagi kesehatan pada saluran pencernaan.

Manfaat Tempe Bagi Tubuh

  1. Sebagai sumber protein

Anda selalu melengkapi menu harian makanan dengan memasukan tempe sebagai pelengkap hidangan anda yang bermanfaat untuk meningkatkan asupan protein. Tempe memiliki kandungan protein yang berkualitas tinggi dan asam amino yang diperlukan oleh tubuh. protein tersebut berperan dalam membantu dalam mempertahankan jaringan otot serta membuat enzim  yang berguna untuk kebutuhan sel.

  1. Membantu proses metabolisme tubuh

Kandungan Riboflavin (vitamin B2) dan niacin (vitamin B3) dalam tempe berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Tempe memiliki riboflavon yang berguna bagi kesehatan mata dan kulit, sedangkan kandungan niacin sendiri berguna dalam membantun pengontrolan nafsu makan.

  1. Memiliki antibiotik natural

Jamur rhizopus dalam terdapat pada tempe membroduksi antibiotik alami yang berperan dalam mencegah terjangkitnya infeksi penyakit diare serta disentri.

  1. Penderita diabetes

Kandungan protein dalam tempe sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Protein dalam tempe dapat berperan dalam mencegah naiknya kadar tekanan darah sekaligus menjaga gula darah agar tetap terkontrol.

  1. Tinggi akan kandungan kalsium

Kandungan yang ada dalam 4 buah tempe tersebut sama dengan kalsium pada susu sapi.

  1. Mudah untuk dicerna

Tempe memiliki kandungan yang kaya akan serat yang berperan dalam membantu melancarkan proses pencernaan serta dapat mencegah timbulkan berbagai jenis penyakit kronis.

  1. Untuk diet rendah garam

Kandungan sodium pada tempe memang sangat berbeda bila dibandingakan dengan jenis makanan fermentasi lain pada kedelai seperti misoa yang identik dengan rasa sangat asin.

  1. Mengurangi resiko terjangkitnya penyakit jantung dan kolesterol

Kandungan isoflavon berperan dalam membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu kandungan niacin dan lemak tak jenuh berfungsi dalam membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

  1. Dapat menangkal radiasi bebas

Tempe memiliki Kandungan antioksidan isoflavon yang memiliki peran baik dalam melawan serangan radikal bebas, selain itu antibiotik juga berperan dalam mencegah serangan berbagai penyakit degenerarif.

share

Top