Manfaat Sayur Bagi Tubuh Kita

sayur-dan-buah-sehat.jpg

Sayur-sayuran termasuk dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Seperti halnya buah-buahan, sayur memiliki banyak kandungan vitamin serta menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan.

Ternyata tidak hanya itu manfaat sayuran bagi kesehatan. Serat yang terdapat sayuran juga berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat di dalam saluran pencernaan sehingga kolesterol tersebut tidak dapat diserap kembali oleh tubuh.

Manfaat sayuran dan buah yang dibuat jus dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh, menghilangkan kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Banyak sekali jenis sayuran yang dapat kita pilih untuk dikonsumsi, baik untuk dimasak, dimakan sebagai lalap, atau dibuat menjadi jus. Dibuat seperti apa pun kita masih tetap bisa merasakan manfaat sayuran bagi kesehatan kita.

Berikut ini beberapa jenis dan manfaat sayuran bagi tubuh kita:

Selada

Selada sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena mengandung zat besi dan magnesium yang berfungsi membantu kerja uretik. Selain itu, selada juga membantu proses pertumbuhan, mengobat diabetes, menambah darah, membantu proses diet, mengatasi insomnia, menetralisir kandungan racun dalam tubuh, menjaga daya tahan tubuh, menyeimbangkan gula dalam darah.

Bayam dan Kangkung

Kedua sayuran ini banyak mengandung vitamin A, vitamin C, mineral, zat besi, kalsium, dan kalium. Manfaat sayuran ini bagi tubuh adalah untuk menghilangkan berbagai penyakit pada tubuh, seperti asma, kolik, anemia, bronchitis pneumonia, konstipa I, osteoporosis, kelelahan, serta kekurangan kalsium.

Seledri

Seledri memiliki kandungan natrium yang berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut pada ginjal dan sendi. Kalsium pada ginjal ini sendiri dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Seledri juga bermanfaat untuk penderita alergi kulit, eksim, psoriasis, sulit berkonsentrasi, hiperaktif, dan menghilangkan stres.

Jamur Tiram

Jamur tiram bermanfaat untuk mencegah hipertensi, penyakit jantung, mengurangi berat badan, menyembuhkan anemia, diabetes, dan anti-kanker. Jenis-jenis jamur lain, seperti jamur kuping, jamur merang, dan jamur shitake, dan jamur champignon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Wortel

Wortel tak hanya baik untuk kesehatan mata karena memiliki vitamin A dan betakaroten yang tinggi. Manfaat wartel mengobati eksim, mengobati cacingan (cacing kremi),  demam, luka bakar, nyeri saat haid, menghaluskan kulit, hingga untuk mengatasi hipertensi.

Sawi hijau

Sawi hijau bermanfaat untuk mencegah kanker, penyakit jantung, hipertensi, dan anemia.

Buncis

Buncis bermanfaat untuk mengobati diabetes. Dalam buncis terdapat zat B-sitosterol dan stigmasterol yang mampu merangsang pankreas untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Brokoli

brokoli bermanfaat untuk mengobati alzheimer dan meningkatkan daya kerja otak.

Pare

Sayur pare yang memiliki rasa pahit ini bermanfaat sebagai obat cacing, obat batuk, sariawan, obat luka, antimalaria, dan penambah nafsu makan. pare mengandung saponin, polifenol (antioksidan), glikosida cucurbitacin, flavonoid, charantin, dan momordicin yang bermanfaat untuk mengobati diabetes. Selain itu, kandungan protein momorcharin alfa dan beta serta protein MAP30 (Momordica Antiviral Protein 30) yang terdapat pada pare juga bermanfaat sebagai antivirus HIV.

share

Top