Manfaat Jagung

097414500_1438079406-20150728-Jagung.jpg

Jagung adalah makanan yang sehat dikonsumsi, bahkan sebahagian orang di Indonesia ada yang menjadikan jagung sebagai makanan pokok yang menggantikan peran nasi. Jagung selain digunakan sebagai makanan juga dijadikan sebagai tepung, dibuat sebagai pop corn, sementara jagung muda direbus sebagai makanan enak penganti snak. Selain jagung itu ada juga jagung muda yaitu jagung yang belum mempunyai biji keras, manfaat jagung muda bagi kesehatan juga tidak dapat disangkal.

Terlepas dari manfaat jagung bagi kesehatan, makanan ini memang enak dimakan apalagi itu adalah jagung manis. selain manfaat jagung untuk makanan penghilang lapar, jagung juga bagus untuk kesehatan.

Manfaat Jagung bagi Kesehatan Tubuh

  1. Jagung sebagai sumber kalori

Jagung adalah salah satu makanan yang penuh dengan kalori, kandungan kalori dalam 100 jagung adalah 342 gram. Banyaknya kalori dalam jagung menjadikan jagung ini sebagai makanan penting peranan nya dalam pemenuhan kebutuhan pokok manusia, baik itu makanan penganti nasi atau kebutuhan manusia akan tepung yang digunakan dalam pembuatan aneka kue.

  1. Mencegah wasir

Manfaat jagung bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai makanan anti wasir. Dalam 1 cangkir jagung saja mengandung 18,4% serat harian yang dibutuhkan tubuh. Serat adalah kebutuhan penting dalam kesehatan yang membuat kinerja pencernaan menjadi lancar. Dan mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir, serta menurunkan resiko kanker usus besar.

  1. Jagung sebagai sumber antioksidan

jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang memiliki kemampuan untuk melawan kanker yang sangat berperan penting dalam tubuh demi membuang radikal bebas penyebab kanker, penyebab kerusakan kulit sekaligus mencegah penuaan dini.  Dan bisa juga Keberadaan antioksidan sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, karena menginduksi apoptosis pada sel kanker, dan menjaga sel non kanker tetap sehat.

  1. Melindungi jantung

Manfaat jagung bagi kesehatan yang besar adalah menjaga dan melindungi kesehatan jantung. Perlindungan ini diberikan oleh jagung karena kandungan minyak jagung bermanfaat dalam mengurangi resiko berbagai penyakit kardiovaskuler.\

  1. Mencegah kurang darah

Jagung mengandung asam folat dan vitamin B12. Anemia adalah kondisi medis yang terjadi karena tubuh kekurangan vitamin ini yaitu vitamin B12. Maka mengkonsumsi jagung akan memberikan tambahan folat dan V12 yang dibutuhkan tubuh dalam menghasilkan sel darah merah. Selain ini, jagung juga kaya akan zat besi yang merupakan penghasil utama sel darah merah.

  1. Menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh

Mengkonsumsi jagung akan mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Ketika kolesterol jahat atau LDL turun makan dengan sendirinya kolesterol baik atau HDL akan naik.
share

Top