Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

nanas.jpg

Nanas adalah buah tinggi mengandung air yang memiliki rasa lezat dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja, sebab buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak menyediakan untuk kita vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Kandungan vitamin A, C dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Yang memiliki khasiat bisa mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, memnbantu mencerna makanan dilambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati, mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan tronbosit, dan mempunyai aktifitasfibrinolitik. Buah nanas memiliki rasa asam. Berikut manfaat buah anans bagi tubuh :

  1. Memperlancar pencernaan

Manfaat dari buah Nanas ini bisa kita dapatkan lantaran buah itu mempunyai enzim bromelain dalam jumlah besar. Enzi mini berguna untuk membuat lancar sistem pencernaan dan sebagai pelega tenggorokan. Jadi bila ingin percenaan Anda lancar komsumsilah nanas.

  1. Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi pada buah nanas terbukti membatu program diet untuk menurunkan berat badan secara alamiah.

  1. Menjaga kesehatan gigi

Buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah terjadinya plak pada gigi dan juga penyakit gusi.

  1. Meningkatkan gula darah

Karena mempunyai kadar gula yang lumayan tinggi, buah nanas baik untuk penderita kadar gula rendah. Mengonsumsi nanas bisa membantu meningkatkan kadar gula darah.

  1. Mengatasi sembelit

Kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi bisa membuat sembelit. Mengonsumsi buah yang yang banyak mengandung serat bisa mengatasi masalah sembelit. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam

  1. Mengatasi kembung

Untuk mengobati gangguan kembung di dalam perut menggunakan buah nanas cukup mudah. Caranya, minum jus nanas murni paling tidak 30 menit sebelum Anda menyantap makanan. Lakukan 3 kali dalam sehari dengan takaran 150 cc sekali minum.

  1. Mengatasi peradangan kulit

Buah nanas juga bisa untuk mengatasi masalah peradangan kulit, yaitu untuk mengatasi kulit mengelupas dan bersisik. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Gunakan hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.

  1. Menguatkan kekebalan tubuh

Kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah nanas bermanfaat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua senyawa tersebut memang sudah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.

  1. Dapat Melembabkan Kulit

Buah nanas ini kaya akan vitamin yang dapat memlembabkan kulit dengan menjadikannya masker pada kulit yang kering dan kusam. Caranya adalah haluskan nanas dan ambil 3 sendok makan tambahkan kuning telur dan sedikit susu cair campurkan dan oleskan lalu tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

  1. Mengatasi Bibir Pecah –Pecah

Manfaat buah nanas untuk kesehatan yang lain adalah dapat mengatasi bibir pecah – pecah yaitu dengan mencampurkan minyak kelapa dan nanas oleskan padabibir akan membuat bibir menjadi lembab dan memberikan kilau alami pada bibir.

share

Top