Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Mangga-Sumber-Vitamin-dan-Mineral.jpg

Mangga merupakan tumbuhan tropis yang sudah banyak dibudidayakan di seluruh belahan dunia. Mangga memiliki Kandungan vitamin C yang kaya seperti manfaat jeruk, manfaat anggur dan manfaat lemon. Buah mangga banyak di olah kemasan minuman atau makanan banyak yang mencamtumkan mangga sebagai salah satu bahan pembuatannya. Selain itu nutrisi penting lain, juga dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi buah mangga.

Manfaat Mangga Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan dengan mengkonsumsi mangga. Mangga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, seperti berikut :

  1. Mengurangi Diabetes

Buah mangga memiliki indeks glikemik rendah sehingga saat mengkonsumsi dalam jumlah yang agak banyak tidak akan meningkatkan kadar gula. Namun tidak hanya buah, daun mangga juga bisa di gunakan untuk orang yang menderita diabetes. Caranya dengan merebus 5-6 daun mangga rendam sepanjang malam dan minum rebusan airnya setelah disaring di pagi hari. Ramuan ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan Serat, kalium dan vitamin yang terdapat di dalam mangga akan membantu menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Pencegahan Kanker

Senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah mangga telah untuk melindungi terhadap usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

  1. Menyehatkan Tulang

Tidak hanya kalsium pada manfaat susu saja yang mempengaruhi kesehatan tulang, namun asupan vitamin K yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan resiko terjadinya patah tulang. Konsumsi asupan yang tepat dari manfaat buah-buahan dan sayuran, penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang optimal termasuk buah mangga ini.

  1. Membantu Pencernaan

Mangga memiliki enzim yang membantu untuk menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita makan. Kemudian kandungan serat pada mangga membantu dalam pencernaan secara alami, yang memudahkan pembuangan sisa pencernaan.

  1. Zat Besi Tinggi

Mangga kaya akan zat besi, sehingga dapat menjadi solusi alami bagi orang yang menderita anemia. Mangga juga baik untuk wanita menopause atau sedang hamil, karena mangga akan meningkatkan kadar zat besi mereka dan kalsium pada waktu yang sama.

  1. Menjaga Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh terus meningkat tentu berdampak buruk bagi tubuh. Solusinya yaitu dengan menyediakan buah mangga di daftar menu makanan anda. Kandungan serat yang cukup tinggi, pectin serta vitamin C dalam mangga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

  1. Menyehatkan Mata

Memiliki penglihatan yang lebih baik dan super jelas tentu impian semua orang termasuk anda. Kandungan vitamin A yang cukup melimpah dalam mangga sangat baik untuk indera penglihatan anda.

  1. Penurunan Berat Badan

Dengan mulai mengkonsumsi mangga  yang kaya akan vitamin dan nutrisi akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sehingga menurunkan nafsu makan berlebih anda.

  1. Peningkatan Sistem Imun

Perubahan musim serta cuaca yang tidak menentu menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Kandungan vitamin C, A serta 25 jenis karotenoid menjadikan mangga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

share

Top