Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

apel.jpg

Apel merupakan buah yang identik dengan warna kulit buah yang berwarna merah. Hampir semua orang tentu sudah tidak asing. Buah apel memiliki rasa manis dengan kandungan air untuk memberi kesegaran saat melewati tenggorokan. Apel memiliki macam jenis yaitu merah, hijau dan kuning tergantung jenis dari apel itu sendiri. Apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Manfat Buah Apel

  1. Mengurangi resiko serangan kanker

Buah apel memiliki sifat anti kanker yang sangat efektif untuk melindungi tubuh dari sel kanker. Hal ini dikarenakan, kandungan flavonoid yang terdapat pada buah apel untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh Anda.

  1. Menjaga kesehatan gigi

Buah apel dapat merangsang produksi air liur pada mulut. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengkroposan pada gigi dan dapat tetap menjaga gigi Anda tetap sehat.

  1. Menurunkan kolesterol

Apel sangat kaya akan serat larut yang berfungsi bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi ini yang saling bersaing tersebut akan mengakibatkan penurunan penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat dan melebihkan produksi atau penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik yang sangat diperlukan tubuh. Apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbanyak jumlah kolesterol yang baik.

  1. Menangkal radikal bebas

Pada kulit apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.

  1. Mencegah diare dan sembelit

Manfaat buah apel dapat untuk mencegah penyakit pada sistem pencernaan seperti diare dan sembelit. Kandungan serat pada apel membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti diare maupun sembelit.

  1. Mencegah diabetes

Apel kaya akan serat larut pektin yang mampu mengendalikan gula darah dengan melepaskan zat gula lebih lambat ke dalam aliran darah. Selain membantu mengatur gula darah dan fungsi usus, serat larut dianggap memiliki zat anti-flammasi yang dapat menyembuhkan lebih cepat infeksi pada penderita diabetes.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah apel memiliki kandungan antioksidan yang bernama quercetin yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar seseorang tidak mudah terkena penyakit terutama pada saat cuaca yang tidak bersahabat.

  1. Mencegah katarak

Para peneliti menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan makan buah-buahan yang kaya antioksidan seperti apel dapat memperkecil kemungkinan mengalami kerusakan mata seperti katarak sebanyak 10 sampai 15 persen.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah apel mengandung serat dan rendahnya kalori yang dapat jadikan makanan untuk menunda rasa lapar. Hal ini berpotensi besar terhadap penurunan berat badan karena lemak dalam tubuh ikut terbakar.

  1. Mencegah Wasir

Penyakit wasir disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami pembengkakan pembuluh darah akibat adanya tekanan berlebih yang membebani panggul dan dubur. Meskipun wasir bukan penyakit mematikan, rasa sakit yang dihadirkan dapat mengganggu keseharian Anda. Untuk membantu meringankan wasir Anda bisa makan buah tinggi serat seperti apel.

share

Top