Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

bawang-putih.jpg

Bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan. Tanaman ini memiliki kandungan tinggi dalam senyawa sulful yang di sebut Allicin. Tanaman ini juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan membantu mencegah kanker.

Terkadang aroma nya yang menyengat membuat tanaman tidak banyak dikonsumsi langsung, melainkan hanya sebagai bumbu, sehingga hanya dalam jumlah sedikit bawang putih kita konsumsi.

Hampir semua bahan-bahan alami mempunyai khasiat masing-masing dalam tubuh. Begitu juga dengan bawang putih. Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan.

  1. Mengatasi sakit tenggorokan

Bawang putih dapat membantu mengobati sakit tenggorokan. Bawang putih memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan dan radang tenggorokan.

  1. Mencegah pembekuan darah

Bawang putih bekerja sebagai pengencer  darah atau anti-trombotik yang membantu mencegah pembekuan darap pada pasien yang memiliki resiko pembekuan darah.

Bawang putih yang dapat membersihkan di saluran arteri dan vena agar bisa mengecerkan aliran darah. Selain itu dapat meningkatkan produksi oksida nitrat didalam darah yang membantu melebarkan pembuluh darah dan memarutkan pembekuan darah.

  1. Mencegah kanker

Bawang putih yang memiliki sifat melawan kanker dan membantu sistem kekebalan tubuh. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara. Dan bawang putih mampu menghancurkan pertumbuhan sel kannker yang ada di dalam tubuh manusia.

  1. Melawan infeksi dalam tubuh

Bawang putih yang mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, meganesium, dan flavonoid untuk melawan infeksi karena kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur dan virus.

  1. Mengurangi diabetes

Kandungan yang terdapat pada bawang putih memiliki potensi untuk mengurangi kadar tinggi glukosa darah dan kadar trigliserida. Hal ini dapat meningkatkan kadar insulin sehingga membantu mengurangi gula dalam darah.

  1. Mengobati sakit gigi

Bawang putih telah lama di gunakan untuk mengobati sakit gigi dan mengurangi sakit gigi, karena bawang putih memiliki kandungan anti inflamasi.

  1. Menurunkan kolestrol

Mengkomsumsi bawang putih mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

  1. Mengobati jerawat

Bawang putih yang di potong atau dihancurkan akan melepaskan senyawa yang berguna sebagai pembersih darah serta memiliki sifat antibiotik sehingga dapat membantu mengobati jerawat.

  1. Melindungi kulit dan rambut.

Sifat menyegarkan bawang putih melindungi kulit dari radikal bebas dan memperlambat penepisan kolagen yang menyebabkan hilangnya elastisitas pada kulit.

Sebelum menggunakan bawang putih alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar memastikan kandungan yang terdapat pada bawang putih tidak berdampak buruk pada masalah kesehatan kita.

share

Top