Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

bawang-bombay.jpg

Bawang Bombay adalah sayuran satu famili dengan bawang merah, bawang putih dan bawang perai. Bawang ini berbentuk bulat dan berukuran sekepalan orang dewasa. Bawang bombay lebih dikenal sebagai sayur daripada sebagai rempah atau sebagai penyedap masakan. Bawang bombay biasa di masak, dipanggang, digoreng, dipanggang, bahkan dimakan mentah. Bawang bombay bisa ditambahkan sebagai penambah citarasa dan penambah penampilan hidangan. Seperti  jenis bawang yang lainnya, bawang bombay kaya akan nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat bawang bombay bagi kesehatan.

  1. Melawan Kanker

Bawang bombay mengandung kuersetin dan senyawa flavonoid yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat atau bahkan menghentikan pertumbuhan tumor dan melindungi sel dari ancaman kanker terutama kanker usus besar.

  1. Mengontrol gula darah

Bawang bombay mengandung kromium yang merupakan mineral yang penting untuk membantu sel dalam merespon kinerja insulin untuk mengatur gula darah dalam tubuh supaya teteap terkontrol.

  1. Melancarkan peredaran darah

Bawang bombay memiliki fitokimia atau nutrien yang dapat membantu vitamin C untuk mengoptimalkan fungsi terhadap tubuh kita. Fitokimia dalam bawang bombay dapat meredakan inflamasi dan melancarkan peredaran darah sehingga dapat menjaga fungsi sistem kardiovaskular.

  1. Melancarkan perncernaan

Bawang bombay mengandung serat pangan yang membantu melancarkan pencernaan. Bawang bombay juga mengandung prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan (probiotik) dalam sistem pencernaan sehingga membantu fungsi pencernaan.

  1. Memperkuat Tulang

Bawang bombay mengandung beberapa nutrisi penting yang menjaga kepadatan tulang berupa mineral tembaga, kalsium, magnesium, dan fosfor. Dan mencegah osteoporosis dengan cara alami.

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Bawang bombay juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh dan mengatasi inflamasi. Sistem imun yang kuat merupakan kunci utama mempertahankan diri dari berbagai serangan prnyakit.

  1. Mencegah asma

Senyawa balerang yang terdapat pada bawang bombay dapat mengheningkan formasi rantai biokimia yang bisa menyebabkan terjadinya asma. Bawang bombay memudahkan pencairan dahak pada penderita batuk parah.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Setengah potongan bawang bombay dapat menurunkan kolestrol jahat dan menjaga kesehatan jantung khasiat abwang bombai terasa efektif jika diakan mentah dan di konsumsi secara rutin.

share

Top