Makanan Yang Menyebabkan Alergi

Allergy-Imge1.jpg

Banyak dari kita yang mudah mengalami alergi namun tidak tahu apa zat penyebab alergi tersebut. Biasanya cara yang kita lakukan untuk menghindari alergi hanya dengan cara tidak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan alergi. Padahal sebenarnya kalau kita tahu zat apa yang memicu alergi, kita bisa tahu bagaimana cara mengatasinya.

Kandungan pada pangan yang sering bersifat alergen adalah glikoprotein yang larut dalam air. Berat molekulnya 18.000-36.000 dalton. Glikoprotein ini terdapat dalam bahan pangan sumber protein. Dalam kasus alergi makanan, tidak dapat dipastikan banyaknya protein yang diserap, berapa lama kontak dengan sistem imun, dan berapa cepat alergen yang dimakan dipecah untuk dapat diserap tubuh. Sebab hanya dengan satu mikrogram laktoglobulin saja sudah dapat bereaksi atau menimbulkan reaksi alergen.

Bila anda harus menangani tamu yang memiliki alergi makanan, sangat penting bagi anda untuk memahami makanan apa yang paling umum menyebabkan alergi. Berikut anda dapat menemukan jenis makanan penyebab alergi dan bagaimana mencari penggantinya.

  1. Kacang Pohon

Ini termasuk kacang almond, kenari, pecans, hazelnut, Kacang Brazil, cashews, pistachio, Kacang pine, Kacang macadamia, chestnut. Dapat ditemukan dalam saus, kue, makanan pencuci mulut, biskuit, roti, es krim, marzipan, berbahan dasar almond, dan minyak kacang.

  1. Kacang

Dalam saus, kue, makanan pencuci mulut, minyak yang berasal dari bahan dasar kacang, tepung kacang, selai kacang. Saran: Pastikan anda memiliki bahan pengganti jika anda menggunakan bahan kacang pada hidangan tertentu Intoleransi Laktosa

  1. Susu Sapi

Dalam yoghurt, krim, keju, mentega, bubuk susu, makanan yang dicampur susu. Saran: Jika pada resep, susu dapat digantikan oleh air, susu kedelai, atau dalam resep yang manis, dapat digantikan dengan jus buah (adakalanya pelanggan yang alergi terhadap susu juga alergi terhadap kedelai)

  1. Alergi makanan pada hewan laut bercangkang

Hewan Laut Bercangkang Seperti udang, kepiting, lobster, udang air tawar, pasta udang. Saran: Jika dibutuhkan, ganti bahan ini dengan ikan asap yang juga memiliki aroma kuat

  1. Alergi makanan pada kacang-kacangan

Kacang Kedelai, Sebagai Tofu atau tahu, tepung kedelai dan protein kedelai, dalam beberapa jenis es krim, saus, makanan pencuci mulut, produk daging dan produk vegetarian. Saran: Gunakan tepung beras dan minyak canola sebagai pengganti dalam kue-kuean.

  1. Alergi makanan pada telur

Telur, Dalam kue-kuean, mousses, saus, pasta, quiche, beberapa produk daging, mayones, masakan yang dilapisi telur. Saran: Bahan pengganti tergantung oleh jenis hidangan. Untuk kue dan roti-rotian, coba gunakan pisang tumbuk. Untuk beberapa hidangan, Tofu yang dihancurkan bisa digunakan sebagai pengganti.

  1. Alergi makanan pada ikan

Ikan, Dalam beberapa saus salad, pizza, saus ikan, relish, dan beberapa kecap dan saus Worcestershire. Saran: Gunakan mayones sebagai saus dasar, dan tambahkan bahan anda sendiri untuk menciptakan rasa khas.

  1. Gandum

Makanan yang mengandung tepung, seperti roti, pasta, kue, produk daging, saus, sup, mente, adonan , kubus kaldu, remah roti,dan makanan lain yang dilapisi tepung. Saran: Dapat menggunakan jenis tepung lain seperti tepung beras, tepung jagung, teping soba, dan tepung maizena.

 

Top