Kerjakan Sepuluh Tugas di Kantor dalam Sehari

pusing.jpg

Kerjaan di kantor memang terkadang tak bisa diprediksi, apalagi yang sifatnya hadir saat itu juga dan mesti diselesaikan saat itu juga. situasi itu bagi sebagian orang malah bikin depresi, apalagi kalau tugas dari atasan belum sempat diselesaikan, sampai Anda bingung untuk mengerjakan yang mana duluan.

Kebiasaan seperti menunggu sampai dekat waktu deadline itu sama saja bunuh diri. Apalagi kalau Anda malah mengerjakan hal lain yang kurang penting. Belum lagi rasa malas yang semakin menjadi karena tugas yang harus dikerjakan semakin menumpuk.

Berikut ada kiat-kiat yang bakalan membuat Anda mampu mengerjakan seputuh tugas kantor dalam sehari secara efektif. Dan dalam waktu yang panjang, cara-cara ini justru akan meringankan beban Anda di kantor.

‘Lindungi’ browser dari laman social media dan/atau aplikasi chat

Ini racun buat setiap pegawai. Adanya koneksi internet kadang malah menghambat kinerja karena bikin pegawai buka media sosial atau malah asik chatting dengan teman-teman, ngobrol hal-hal nggak penting pula.

Coba disiplin dengan lebih strict dalam menggunakan media sosial di kantor. ‘Lindungi’ browser Anda dari page sejenis dengan cara menutupnya.

Atau bisa saja Anda atur untuk setiap 3 jam sekali selama 15 menit saja, sebagai icebreaker, at least. Anda jadi membuat ‘jatah’ sendiri untuk bersosial di laman itu.

Kecuali pekerjaan Anda memang mensyaratkan Anda untuk selalu membuka media sosial dan/atau aplikasi chat, tahan diri untuk tak membukanya.

Buat reminder atau to do list agar pekerjaan terorganisasi

Lakukan sistem bekerja dengan memprioritaskan yang mana yang lebih penting dan lebih dulu harus diserahkan kepada atasan. Reminder atau to do list harian bisa menampung kebutuhan ini. Agar lebih menarik, hiasi reminder atau to do list Anda dengan gambar-gambar atau kalimat motivasi agar Anda lebih semangat.

Akan ada kepuasan tertentu saat Anda berhasil membereskan satu per satu tugas tersebut, dan mencoret pekerjaan itu dari daftar harian Anda.

Timeboxing bakal membantu Anda

Setelah membuat reminder atau to do list, jangan lupa untuk membuat target waktu kapan setiap tugas atau pekerjaan harus diselesaikan. Misalnya, Anda harus membalas e-mail untuk para klien dan membuat laporan. Targetkan paling lama dua jam untuk Anda agar dapat membalas semua e-mail dan membuat laporan, dan sebagai reward-nya, Anda dapat membuka media sosial serta membalas chat yang sudah menumpuk.

Metode sederhana tersebut disebut sebagai timeboxing. Membuat rentang waktu khusus bisa dibilang efektif untuk memacu Anda membereskan pekerjaan lebih awal.

Pakai earphones/headphones

Tak sedikit pegawai lain yang mengajak bicara atau mengeluarkan suara mengganggu karena mengobrol. Selain itu, suara printer terkadang mengganggu konsentrasi kita. Coba gunakan earphones atau headphones untuk mendengarkan musik agar Anda tetap fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan tugas di kantor.

Pilih lagu yang sesuai dengan mood atau coba dengarkan lagu klasik atau instrumental tanpa lirik. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi Anda. Lagipula studi juga mengatakan bahwa lagu klasik bisa meningkatkan konsentrasi dan daya kreativitas seseorang.

Jangan jadi deadliners

Menunda-nunda pekerjaan malah akan membuat pekerjaan Anda semakin menumpuk, lho. Jangan sekali-sekali berpikir bahwa deadline masih lama lalu Anda dapat bermalas-malasan. Seiring berjalannya waktu menuju deadline, mungkin saja atasan Anda menambah tugas, atau ada pekerjaan lain yang tiba-tiba hadir dan mesti diselesaikan.

 

Top