Ikuti Jejak Apple, Samsung Bakal Hilangkan Jack Audio

gopego_iphone_6s_review_49_960x540_960x540.jpg
Apple telah meluncurkan smartphone flagship miliknya untuk tahun ini, yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Apple memang dikenal sangat berani dalam menghadirkan inovasi baru, di mana kedua smartphone tersebut telah menanggalkan port audio jack 3.5mm.
Keberanian Apple dalam mengambil keputusan memang bukan main-main, karena tentu mereka sudah memperkirakan dampak keputusan mereka secara matang-matang. Namun ada masalah yang timbul karena satu-satunya konektivitas perangkat ini hanya ada di Lightning port, mulai dari pengisian baterai, mendengarkan musik via EarPod, hingga melakukan transfer data manual.
Untuk mengatasinya Apple juga menawarkan solusi melalui aksesori baru yang disebut Lightning Dock, meski untuk memilikinya Anda harus merogoh kocek lagi dan tentu saja bagi pengguna yang berkantong pas-pasan tindakan itu termasuk pemborosan. Meski langkah Apple ini cukup berani, namun kedudukannya di industri smartphone selalu saja diikuti oleh perusahaan lain.
Jika Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus kehilangan jack audionya, lantas bagaimana jika ini terjadi pada perangkat lain? Baru-baru ini telah beredar sebuah laporan yang mengatakan jika Samsung mungkin saja akan mengikuti langkah Apple untuk menghilangkan port audio jack 3.5mm untuk smartphone yang akan datang. Namun Samsung tidak akan bergantung pada port USB Type-C terbaru, karena raksasa teknologi itu mungkin saja akan membuat port khusus untuk transmisi audio yang dilisensi ke sejumlah produsen smartphone Android. Untuk saat ini, Samsung masih dikabarkan dalam tahap penelitian dan belum mengumumkan secara resmi bahwa mereka bakal menggunakan teknologi tersebut.

Namun teknologi ini diklaim dapat menawarkan kualitas audio yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan port audio jack 3.5mm yang masih digunakan hingga saat ini. Sayangnya Samsung masih enggan berkomentar mengenai kabar ini.

Top