Cara Mengetahui Pasangan Anda Egois Atau Tidak

egois.jpg

Terkadang menyadari sisi egois diri sendiri bukan hal yang mudah, karena menilai kepribadian seseorang itu adalah orang terdekat. Dan untuk hubungan asmara, Anda tidak dapat menilai dengan pasti apakah Anda pihak yang egois atau yang lebih besar hati dan penyabar. Apalagi pada dasarnya, setiap manusia memiliki sisi egois.

Sifat egois dinilai berdasarkan perspektif masing-masing orang. Anda bisa mengira tipe kekasih seperti apakah Anda. Apakah Anda pernah mengalah saat terlibat dalam suatu argumen dengan kekasih, atau apakah Anda tipe orang yang suka terlihat lemah?

Jika pasangan Anda merasa bahwa ia yang selalu mengalah, menyerah dan tidak meneruskan hubungan dengan Anda secara tiba-tiba. Maka itu penting untuk mengenali seberapa egoiskah Anda dalam berhubungan. Berikut ciri pasangan yang egois.

  1. Anda bersemangat melakukan kegiatan yang Anda senangi. Jika itu kegiatan tersebut adalah hobi pasangan, Anda akan cepat bosan dan berusaha untuk menghindar dari kegiatan tersebut.
  2. Pasangan Anda lebih sering mengalah. Saat ada diskusi tentang tempat kencan atau kegiatan yang ingin dilakukan, Anda biasanya mendapatkan apa yang Anda inginkan, tanpa memandang perasaan pasangan.
  3. Pasangan sering meminta Anda melakukan sesuatu dengan berulang-ulang. Saat pasangan mengulang-ulang permintaan, memang terdengar mengganggu. Namun pasangan terpaksa mengatakan hal yang sama berkali-kali karena Anda tidak mendengarkan permintaannya.
  4. Anda merasa bahwa apa yang Anda lakukan dalam hidup lebih berarti dan berharga. Misalkan anda memiliki pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik dari pasangan, tapi bukan berarti Anda memiliki kontrol yang lebih besar dalam hubungan Anda. Jika Anda merasa bahwa pendapat Anda lebih penting dari pendapat pasangan, Anda bersikap sombong dan egois.
  5. Anda melihat pasangan sebagai seseorang yang penuh kekurangan dan memerlukan pertolongan. Setiap orang memiliki kekurangan, termasuk Anda sendiri. Tidak ada yang sempurna.
  6. Anda melakukan segala sesuatu dengan cara Anda. Melakukan hal yang Anda sukai meskipun pasangan mengajak untuk melakukan hal lain. Jika pasangan membujuk Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda, Anda akan cemberut dan ngambek.
  7. Anda memiliki ego yang besar. Dapat dilihat dari cara Anda bersikap saat sedang dalam argumen. Orang yang egois tidak suka saat mereka kalah dalam perdebatan, bukan hanya saat sedang berdebat dengan kekasih tapi juga dengan orang lain.
  8. Anda tidak mudah percaya kepada pasangan. Anda memang mencintai pasangan Anda, namun Anda selalu ragu untuk memberikan kepercayaan sepenuhnya. Anda merasa bahwa Anda adalah pihak yang lebih pantas untuk berbahagia dan selalu mementingkan kepentingan diri sendiri.
  9. Anda tidak Mungkin anda pernah mencoba untuk mengedepankan kebutuhan pasangan dan menunjukkan rasa sayang kepada mereka, namun selalu gagal karena pada akhirnya Anda mementingkan kebutuhan diri sendiri.
  10. Anda bersikap kompetitif dengan pasangan. Kompetitif bukanlah hal yang negatif selama berada di batas yang normal dan tidak membutuhkan pengorbanan dari pihak mana pun. Apakah Anda pernah mengorbankan perasaan pasangan untuk membuat diri Anda sendiri terlihat baik di depan orang lain? Jika ya, itu adalah salah satu ciri sifat yang egois.
  11. Anda tidak pernah minta maaf. Apakah Anda merasa sangat berat setiap ingin mengucapkan permintaan maaf pada pasangan. Mungkin untuk hal kecil Anda tidak kesulitan meminta maaf, namun Anda berat meminta maaf saat melakukan kesalahan yang lebih serius. Di sisi lain, Anda akan sangat marah jika pasangan tidak meminta maaf saat ia yang berbuat kesalahan.
  12. Anda sering melakukan manipulasi secara emosional. Apakah Anda mudah mendiamkan pasangan saat ia tidak memberikan apa yang Anda inginkan? Pasangan bisa saja mengalah, namun ia akan tetap menyimpan perasaan kesal dalam hati bisa terus menumpuk dan membuat hubungan tidak sehat.

share

Top