Cara Baru Turunkan Berat Badan

aywan.ls_-1.jpg

Menerapkan pola makan sehat? Sudah. Rutin olahraga? Sudah. Berat badan turun sesuai keinginan? Belum. Kok?

Jika Anda sehat dan tidak memiliki kelainan hormon, namun berat badan belum juga turun sesuai keinginan, mungkin pola diet Anda belum berhasil. Anda bisa mencoba metode lain yang mungkin lebih sukses.

Ada tiga metode alami alias sehari-hari yang bisa Anda masukkan ke dalam rutinitas sehari-hari, demi menurunkan berat badan.

1. Tetapkan batas waktu
Hampir semua metode diet menerapkan pola batas waktu alias jam malam. Jika Anda belum menerapkannya, coba, deh, sekarang.

Makanlah dalam rentang waktu 10 jam sehari. Contoh, jika makan pagi Anda pukul 7 pagi, berarti makan malam Anda pukul 5 sore. Atau, makan pagi pukul 9 pagi, dan makan malam atau makan terakhir Anda pukul 7 malam. Beberapa penelitian membuktikan bahwa pola diet dengan batas waktu ini bisa mengurangi asupan kalori hingga 20%, dan Anda bisa menurunkan 3 kg dalam 16 minggu atau 4 bulan.

Menurut para dokter di Salk Institute for Biological Studies di AS, orang umumnya makan dalam rentang waktu 15 jam. Dengan mengurangi 5 jam waktu yang bisa digunakan untuk makan, kita pun bisa membuang 5 jam yang berpotensi jadi waktumakan.

2. Makanlah di meja makan
Saat makan, seringnya, sih, kita bolak-balik buka kulkas sambil memandang isi kulkas dan berpikir apa lagi yang bisa dimakan, kan?

Biasakan makan dengan tenang. Anda lebih fokus pada makanan di piring, mengunyah pelan-pelan, dan konsentrasi tidak terpecah. Mereka yang makan seperti ini akan mengunyah makanan lebih sempurna. Dan mengunyah dengan baik membuat Anda makan 30% lebih sedikit daripada makan terburu-buru.

3. Coba jadi reducetarian
Setelah vegetarian, pescetarian, vegan, kini ada reducetarian. Mereka adalah orang yang mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan sayur. Mereka bisa juga orang yang mencoba mengurangi asupan daging merah demi kesehatan dan kelestarian bumi (karena limbah daging bisa membahayakan bumi).

Mengurangi daging bisa membantu Anda mengurangi berat badan. Anda bisa mencobanya dengan menetapkan satu hari jadi vegetarian, atau yang paling simpel adalah seperti gerakan Meatless Monday. Anda bisa memulainya dari makanan yang biasa Anda konsumsi. Contoh, pesan nasi goreng tanpa daging, atau pizza tomat daripada pizza ber-topping lengkap.

Top