Atasi Stres Tanpa Ke Psikoterapi

cara-menahan-emosi.jpg

Setiap hari, kita selalu bertemu hal yang bisa membuat stres; kena macet di jalan, tak kebagian tempat parkir, atau kehabisan baterai ponsel saat momen penting. Kebanyakan pusing kepala setiap hari, akan buat stres Anda naik ke level selanjutnya.

Beberapa cara dipercaya dapat meredam/mneredakan stres Anda. Ketimbang menyisihkan uang untuk atasi stres Anda di psikoterapi, lebih baik tabung, dan lakukan hal-hal ini.

Tarik napas dalam-dalam

Bernapas bisa menjadi salah cara untuk relaksasi. Pada saat mengambil napas dalam-dalam itu artinya Anda sedang mengirimkan sinyal ke otak untuk memperoleh rasa tenang dan rileks. Caranya, Anda hanya perlu duduk selama lima menit dengan mata terpejam dan fokus pada proses pernapasan Anda. Dengan demikian, ketika stres mulai datang, sebaiknya Anda segera melakukan proses relaksasi sederhana tersebut.

Tertawa

Tubuh kita punya desain yang solid, sampai setiap aksi yang kita lakukan akan berefek pada bagian tubuh tertentu. Tertawa, misalnya, dapat melepaskan hormon endorfin dan melatonin untuk kemudian menekan kortisol yang dapat memicu stres sehingga mood Anda akan meningkat. Saat sedang sendirian dan butuh tertawa, Anda bisa menonton video-video lucu melalui internet.

Mendengarkan musik

Alunan musik yang tenang dengan lirik-lirik yang indah akan mampu membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks. Ritme musik yang lambat dapat memperlambat denyut jantung Anda yang begitu cepat akibat stres.

Menulis

Selain sebagai aktivitas berpikir, menulis juga merupakan sebuah kegiatan pelepasan emosi. Melalui kegiatan menulis, Anda bisa mencurahkan segala pikiran. Anda akan merasa lega.

Meditasi

Meditasi adalah sebuah proses penanaman kesadaran diri melalui penyatuan tubuh, pikiran, dan jiwa. Saat melakukan meditasi, Anda akan berkonsentrasi untuk mengosongkan pikiran dari hal-hal negatif yang bisa membuat Anda cemas, khawatir, serta terbebani selama ini.

Aktivitas fisik

Untuk mengatasi stres, Anda dapat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Anda bisa melampiaskan emosi melalui lari, berenang, tenis, atau tinju. Terlebih lagi kalau Anda melakukan olahraga secara berkelompok, Anda dapat bersosialisasi, bertukar pikiran, tidak merasa kesepian sehingga mengalihkan kecemasan menjadi kesenangan.

Makan sehat

Apakah Anda termasuk orang yang senang melampiaskan emosi dengan makan? Ya, memang bagi sebagian orang, makan bisa meredakan stres. Akan tetapi, jangan sampai makanan-makanan tersebut malah membuat tingkat stres Anda bertambah parah gara-gara pembengkakan ukuran tubuh akibat kebanyakan ngemil.

Pergi jalan-jalan

Pikiran buntu dan tidak ada ide? Jalan-jalan adalah solusinya. Rutinitas yang sama setiap hari tak jarang membuat Anda merasa suntuk sampai-sampai tidak bisa muncul ide baru. Mungkin Anda hanya sedang jenuh saja. Apabila hal itu terjadi pada Anda, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah pergi keluar sebentar untuk mencari angin segar.

Ke laut

Terdengar seperti ledekan, padahal penelitian menunjukkan bahwa laut dapat memberikan efek menenangkan sehingga dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Alaminya biru laut mampu membuat Anda merasa benar-benar hidup bersama alam. Sebuah pilihan tepat jika Anda memilih laut sebagai penangkal stres.

Bersyukur

Hidup dengan banyak pekerjaan tak jarang membuat seseorang mudah terserang stres. Selain itu, banyaknya masalah-masalah lain juga bisa dengan mudah menyebabkan stres menjadi semakin parah. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres yaitu dengan bersyukur. Saat bersyukur, Anda akan melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Hidup yang sedang Anda jalani saat ini bisa jadi merupakan hidup yang sangat diinginkan orang lain di luar sana.

Banyaknya pekerjaan adalah tanda rezeki, sementara masalah adalah ujian sebagai kenaikan level kualitas kehidupan. Dengan bersyukur, Anda akan menerima dan menghadapi masalah dengan lapang dada dan menganggap hal tersebut sebagai hal wajar yang dialami oleh setiap manusia.

Top