Alasan Matinya Microsoft Paint

aywan-net-2.jpg

Era Microsoft Paint nampaknya akan segera menemui titik akhir dengan dirilisnya pembaruan versi Windows 10 Fall Creators mendatang. Setelah 32 tahun ada di komputer windows di berbagai versi, Microsoft akhirnya memasukkan aplikasi edit gambar legendaris ini dalam jajaran perangkat lunak yang tak akan diperbaharui.

Seperti dilansir dari The Guardian, Paint telah menjadi andalan Windows, yang berawal dari versi monokrom 1 bit yang dirilis bersamaan dengan Windows 1.0 pada November 1985 silam. Microsoft terus memperbarui Paint sepanjang tahun, dan penggunanya pun telah tumbuh meski aplikasi ini memiliki serangkaian fitur yang terbatas.

Meski pengguna tidak akan menemukan ikon Paint lagi di pembaharuan sistem operasi Microsoft berikutnya, namun Microsoft tidk akan benar-benar menghilangkan Paint. Berdasarkan keterangan juru bicara Microsoft kepada CNN, Paint tetap bisa ditemukan di Windows Store. Satu hal yang pasti, Paint tak lagi mendapat pembaruan dari Microsoft.

Sebagai gantinya, Microsoft akan lebih fokus pada software untuk gambar 3-D dengan menyematkan Paint 3D sebagai aplikasi penyunting gambar bawaan di komputer Windows. Paint 3D diperkenalkan pertama kali pada Oktober 2016 lalu.

Selain Paint, ada beberapa aplikasi yang terancam akan ‘dicampakkan’ oleh Microsoft seperti Outlook Express, Microsoft Reader, dan Reading List. Aplikasi-aplikasi tersebut terancam hilang di pembaharuan Windows 10 berikutnya.

Top