Akhir Riwayat iPod Nano

aywan-net-4.jpg

Akhir dari era iPod tradisional Apple akhirnya tiba. Secara diam-diam, Apple membunuh iPod Nano dan iPod Shuffle dengan menutup website untuk kedua produk tersebut. Sehingga saat ini hanya ada iPod Touch sebagai satu-satunya perangkat pemutar musik portable ikonik milik perusahaan.

“Hari ini, kami menyederhanakan lineup iPod kami dengan dua model iPod Touch dengan kapasitas dua kali lipat mulai dari harga 199 dolar serta kami menghentikan iPod Shuffle dan iPod Nano,” kata Apple dalam sebuah pernyataan, melansir USA Today, Jumat (28/7).

Saat pengguna berniat membeli dua jenis iPod tersebut dengan mengklik tombol ‘Buy’ di situs resmi Apple, maka akan muncul pemberitahuan yang mengatakan “Halaman yang Anda cari tidak ditemukan”. Namun pengguna masih bisa mengakses laman untuk ‘Support’ iPod yang dimatikan tersebut.

Dengan perubahan ini, iPod Touch kini dibanderol dengan harga 199 dolar (sekitar 2,6 juta rupiah) untuk yang 32GB, sementara kapasitas yang lebih besar yaitu 128GB dihargai 299 dolar (sekitar 3,9 juta rupiah). Sedangkan versi sebelumnya yang berkapasitas 16GB dan 64GB sudah tidak tersedia.

Dilansir dari laman The Verge, iPod Nano belum mendapat pembaruan secara signifikan sejak 2012, saat perusahaan melakukan desain ulang dengan dukungan Bluetooth untuk headphone dan speaker nirkabel. Apple merilis batch baru untuk model generasi iPod Nano ketujuh pada tahun 2015.

Top