Manfaat Jahe Merah

jahe.jpg

Jahe merah mempunyai nama latin zingiber officinale var rubrum merupakan salah satu jenis jahe yang kandungannya sangat kuat. Jahe merah mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jahe lainnya tapi khasiatnya yang paling banyak. Jahe merah mengandung karbohidrat, gula, serat larut dan tidak larut, natrium, vitamin, mineral, asam lemak, asam amino dan masih banyak lagi. jahe mengandung minyak atsiri yaitu gingerol yang memberikan efek hangat. Selain itu, jahe merah juga mengandung minyak atsiri atau minyak essensial lain seperti minyak atsiri tinggi yang terdiri dari zingeberin, kamfena, lemonin, zingiberen, zingiberal, gingeral, dan shogool.

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Untuk Batuk , Diet dan Kecantikan

  1. Mengatasi rematik

Kandungan yang terdapat pada jahe merah terdapat untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak. Rematik dan encok dapat di sembuhkan dengan jahe merah dengan cara yang mudah rebus beberapa rimpang jahe merah dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey, kemudian air rebusan diminum dua kali sehari.

  1. Menyembuhkan batuk

Pada jahe merah juga bermanfaat untuk batuk, tidak hanya melegakan tapi juga bisa menyembuhkan. Selain untuk mengatasi batuk, jahe merah juga dapat mengatasi radang tenggorokan. Sifat dari jahe merah yang menghangatkan inilah yang dapat membantu menyembuhkan sakit batuk dan radang tenggorokan.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kandungan dalam jahe merah yang sangat banyak  bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya yaitu kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat yang ada dalam darah akan menghambat aliran darah. Salah satu manfaat dari jahe merah adalah melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh akan hancur.

  1. Menghilangkan jerawat

Tidak hanya untuk kesehatan, jahe merah juga bermanfaat untuk kecantikan yaitu dapat menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan jahe merah caranya sangat mudah. Jahe yang sudah dibersihkan pijatkan pada wajah sampai keluar cairan minyaknya kemudian tutup semua muka dengan irisan jahe merah.

  1. Meredakan sakit kepala

Jahe merah bisa juga meredakan sakit kepala, caranya sangat mudah, Seduh jeruk merah dengan air hangat atau hisap aroma jahe merah yang sudah dipotong-potong.

  1. Membantu diet

Jahe merah bisa juga membantu proses diet. Dengan cara meminum air jahe merah secara rutin. Jahe merah bisa membantu membakar lemak di perut dan mengurangi nafsu makan.

Jahe memang sangat banyak manfaatnya, tapi perlu diperhatikan bagi penderita maag akut jahe merah tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Kandungan dalam jahe merah sangat kuat dan dapat menyebabkan lambung serasa terbakar.

untuk Anda yang menderita sakit maag, jangan minum air jahe merah atau mengkonsumsinya terlalu banyak. Sebab, bukan manfaat jahe merah yang akan Anda dapat tapi malah sakit yang semakin parah.

share

Top