17 Ciri-ciri Hidup Sederhana

hidupsederhana.jpg

Hidup sederhana atau simple life merupakan salah satu gaya hidup yang bisa diterapkan untuk mencapai kesuksesan hidup, ketenangan jiwa dan pikiran. Di tengah arus kehidupan dengan ritme yang berlangsung sangat cepat, segalanya yang cepat jadi (instant), maka gaya hidup sederhana merupakan salah satu pilihan untuk bisa menguasai dan mengendalikan keadaan. Berikut ini ciri-ciri hidup sederhana.

  1. Apa adanya

Ciri-ciri hidup sederhana itu adalah apa adanya dan tidak mengada-ada. Seseorang yang hidup sederhana itu menerima setiap keadaan dan menerima apapun yang dimiliki tanpa menggerutu. Namun mereka tidak menerima begitu saja setiap keadaan, Selanjutnya mereka berfikir menyusun strategi unruk mengembangkan diri supaya ke depannya akan lebih baik lagi dari sebelumnya.

  1. Bersyukur atas apa yang dimiliki

Hidup sederhana itu mensyukuri atas apa yang dimiliki. Hidup sederhana itu bisa mengendalikan diri untuk tidak tersiksa oleh keinginan memiliki sesuatu yang belum dimiliki. Karena terlalu besarnya keinginan untuk memiliki sesuatu yang tidak dimiliki hanya akan membuat hati dan pikiran terbebani.

  1. Tidak berlebihan

Orang yang menerapkan gaya hidup sederhana bisa menentukan sampai sejauh mana sesuatu harus dilakukan. Mereka tidak berlebihan dalam melakukan sesuatu. Meskipun hal ini bukan berarti mereka tidak melihat kualitas. Mereka tetap mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

  1. Memiliki barang-barang yang memang sangat diperlukan

Ciri-ciri hidup sederhana adalah tidak berlebihan dengan membeli barang-barang yang tidak terlalu mereka butuhkan dalam kehidupan. Barang-barang yang mereka beli adalah yang memang benar-benar mereka butuhkan. Bagi mereka,barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan itu hanya akan mengganggu mereka (clutter).

  1. Membelanjakan uang secukupnya

Ciri-ciri hidup sederhana adalah tidak menghambur-hamburkan uang untuk belanja secara berlebihan.

  1. Sadar akan pentingnya pengaturan keuangan

Ciri-ciri hidup sederhana adalah sadar dan mejalankan pengaturan keuangan pribadi (self finance). Orang-orang yang hidup sederhana akan cermat dalam mengatur keuangan pribadi. Mereka menyusun anggaran keuangan pribadi dan keluarga.

  1. Tidak mudah berhutang

Karena orang-orang yang hidup sederhana sudah mengatur keuangan mereka secermat mungkin, maka mereka tidak sampai pada kondisi tidak punya uang sehingga mengharuskan mereka untuk berhutang. Orang yang hidup sederhana akan berfikir berulang kali sebelum mereka melakukan aksi hutang.

  1. Memiliki tabungan

Ciri-ciri hidup sederhana adalah menyisihkan uang untuk ditabung. Menabung ini adalah suatu kegiatan dimana mereka mengumpulkan dana dengan tujuan tertentu. Tujuan-tujuan ini banyak sekali jenisnya, bisa untuk tujuan konsumtif, tujuan produktif, maupun tujuan religius. Tabungan juga bisa berarti orang-orang yang hidup sederhana itu tadi menyiapkan diri terhadap kondisi-kondisi bencana keuangan yang bisa saja menerpa mereka. Kondisi keuangan pribadi seseorang terkadang memang bisa mengalami situasi-situasi krisis. Dengan memiliki tabungan uang, maka seseorang akan memiliki dana cadangan yang bisa dipakai untuk menanggulangi bencana-bencana keuangan yang tidak diinginkan.

  1. Memiliki infestasi

Selain menabung, ciri-ciri hidup sederhana itu adalah berinfestasi. Beda menabung dengan berinfestasi adalah jika menabung maka nilai uang yang ditabung tersebut bisa berkurang. Berinfestasi adalah bagaimana cara untuk memperbanyak uang sehingga uang tersebut bertambah dan nilai uang juga tidak berkurang. Berinfestasi ini bisa menggerakkan roda perekonomian mikro. Berinfestasi juga berarti memutarkan uang untuk dijalankan di sektor usaha bisnis sehingga didapatkan suatu laba. Laba inilah yang dimaksud di depan tadi sebagai cara untuk memperbanyak uang.

  1. Terus belajar dan mengembangkan diri

Ciri-ciri hidup sederhana selanjutnya adalah bahwa seseorang terus belajar serta mengembangkan dirinya. Orang-orang yang hidup sederhana akan terus meningkatkan kualitas serta kapasistas diri secara terus menerus. Hidup orang-orang tersebut akan dinamis dan dipenuhi dengan penyikapan-penyikapan secara bijak terhadapa perubahan. Mereka sadar bahwa perubahan adalah sesuatu yang pasti. Tidak ada seorang pun yang tidak terlepas dari perubahan. Pilihannya adalah tergilas oleh laju perubahan atau meningkatkan kualitas diri untuk terus secara dinamis menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Hidup sederhana itu bukan berarti hanya diam ketika melihat perubahan, tetapi hidup sederhana itu adalah dengan penuh semangat menyambut perubahan secara dinamis dan penuh gairah antusia.

  1. Giat dalam bekerja melaksanakan rencana

Ciri-ciri hidup sederhana selanjutnya adalah mereka rajian dan giat bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Mereka tidak merasa bingung dan tidak tahu dengan apa yang harus dilakukan. Hal ini karena mereka sudah merencanakan dan memprogram secara detail apa saja yang harus mereka lakukan. Mereka sudah memiliki panduan kerja secara jelas dan gamblang.

  1. Mengevaluasi hasil kerja

Ciri-ciri hidup sederhana adalah mereka mengevaluasi hasil kerja mereka. Evaluasi hasil kerja adalah sebagai sarana untuk mengukur tingkat keberhasilan. Mereka tidak asal kerja begitu saja. Karena dasar kerja mereka adalah program rencana yang telah ditetapkan. Setelah mereka bekerja maka mereka mengevaluasi dan menganalisis hasil setelah menjalankan program kerja. Sehingga mereka tahu bagian mana saja yang perlu dibenahi dan bagian mana yang perlu dioptimalkan lagi. Target mereka adalah kesempurnaan hasil kerja, dan itu hanya didapatkan dengan bekerja sepenuh hati dan dijalankan sebaik mungkin.

  1. Selalu tersenyum dan bergembira dalam segala suasana

Bergembira di segala suasana baik itu suasana yang tidak nyaman maupun suasana nyaman adalah merupakan ciri-ciri hidup sederhana. Kebayakan orang itu hanya bergembira ketika suasana nyaman saja. Tetapi orang yang hidup sederhana itu bisa bergembira baik itu di saat kondisi sulit apalagi di kondisi yang nyaman. Orang yang hidup sederhana itu selalu bisa tersenyum apapun kondisinya. Karena bagi mereka apabila masih bisa tersenyum maka berarti mereka masih bisa mengendalikan situasi. Minimal mereka bisa mengendalikan situasi pada diri mereka sendiri.

  1. Bisa mengendalikan diri

Ciri-ciri hidup sederhana adalah mereka mampu menguasai dan mengendalikan diri. Orang-orang yang hidup sederhana itu adalah orang-orang yang sadar. Keputusan yang mereka tetapkan dan perbuatan yang mereka lakukan adalah sudah melalui hasil pemikiran dan pertimbangan-pertimbangan yang matang. Mereka tidak mengambil keputusan dan melakukan tindakan atas dasar emosi sesaat saja.

  1. Bisa berfikir jernih

Ciri-ciri hidup sederhana adalah mereka bisa berfikir jernih di segala kondisi dan suasana. Berfikir jernih itu terkadang sangat mudah dilakukan dalam kondisi yang normal dan stabil namun susah dilakukan dalam kondisi yang kritis. Orang yang hidup sederhana akan bisa berfikir jernih baik itu dalam kondisi lapang maupun dalam kondisi yang sempit.

share

Top